Rabu, 20 Agustus 2014

Kampus Putih UMM



Assalamu’alaikuuum…
Halooo everybadeeeh^^
Setelah tadi perkenalan daku sendiri dan kota daku, saatnya kita beralih untuk membahas kampus daku yah Check it out!
Aku kuliah di sebuah perguruan tinggi swasta ternama di Indonesia kita tercinta ini. Tepatnya aku kuliah di Universitas Muhamadiyah Malang yang terletak di Malang, Jawa Timur.
Memang, awalnya dengan berat hati aku kuliah di Universitas Muhammadiyah Malang ini, tapi setelah mempelajari lebih lanjut, aku mulai bisa merasakan betapa membanggakannya kampusku ini. Penasaran apa yang aku banggakan dari kampus ini? Monggooo… baca artikel dibawah ini sajooo yaa…
Universitas Muhammadiyah Malang merupakan institusi pendidikan tinggi yang dilandasi oleh suatu komitmen menyelenggarakan pengajaran, pendidikan, penelitian, dan pengabdian yang dapat memperkuat bangsa yang berakhlak mulia dan berkarakter unggul serta bersaing dalam kehidupan antar-bangsa. Untuk mewujudkan komitmen ini, Universitas Muhammadiyah Malang melakukan pengembangan secara berkelanjutan terutama pada aspek yang menjadi kunci dan inspirasi perubahan seperti sumber daya insani dan ruang akademik yang digerakkan oleh nilai-nilai keutamaan universal yang bersumber dari Islam dan budaya bangsa.
Dengan komitmen tersebut, Universitas Muhammadiyah Malang mampu tampil sebagai kampus yang menuai prestasi dan pengakuan dari institusi lokal, nasional, regional, dan global. Sampai pada usia emas (1964-2014), Universitas Muhammadiyah Malang telah menuai banyak pengakuan dan prestasi seperti: 20 besar Universitas terbaik se-Indonesia , termasuk 50 besar Promising Indonesian Universities, 10 Perguruan Tinggi Terunggul di Jawa Timur oleh Kopertis Wilayah VII Jawa Timur selama 5 tahun berturut-turut (2008, 2009, 2010, 2011, dan 2012) sehingga memperoleh Anugerah Kampus Unggulan KARTIKA, serta memperoleh anugerah bintang dua dari lembaga akreditasi internasional QS-Stars yang berpusat di London. Sejak tahun 2010, pelayanan di UMM memperoleh pengakuan secara internasional. 

UMM juga dikenal sebagai kampus putih, memiliki 3 lokasi kampus yang didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai untuk pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Beberapa prasarana pendukung diantaranya laboratorium di setiap program studi, perpustakaan yang bisa diakses secara online, area hotspot untuk intranet maupun internet, fasilitas olahraga, seni maupun pusat pembinaan keagamaan berupa masjid (Ad-Da’wah di kampus II dan masjid AR. Fachruddin di kampus III serta masjid KH. Bedjo Darmolaksono di area rumah sakit UMM) yang difungsikan sebagai tempat ibadah serta tempat kajian dan pedalaman wawasan keislaman dan kemasyarakatan. Beberapa fasilitas yang telah dibangun diantaranya adalah UMM Inn, bookstore, bengkel otomotif, Dome UMM, Rusunawa I dan II, pembangkit listrik mikrohidro, UMM medical center, apotek UMC, rumah sakit UMM, SPBU, taman rekreasi Sengkaling.
Sebagai lembaga pendidikan tinggi, UMM memberikan suasana akademik yang kondusif bagi sifitas akademiknya, didalamnya berlangsung proses pembelajaran yang utuh, baik dikelas, di ruang-ruang seminar, bahkan di seluruh lingkungan kampus, tentu saja dengan dukungan fasilitas yang memadai. Dalam suasana akademik yang kondusif maka komunitas akademiknya memiliki ciri khas mengedepankan keberanian yang bertanggung jawab, kebebasan yang didasari nalar yang kokoh, dan terbuka dalam menerima informasi yang diperlukan dengan dilandasi keimanan dan ketakwaan dalam mengemban amanah tri dharma perguruan tinggi yang meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
Mahasiswa Muhammadiyah Malang secara empiric berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia  yang tentunya memiliki berbagai perbedaan budaya, status sosial, tata nilai, kemampuan personal  serta pemahaman agama. Perbedaan ini apabila tidak dikelola dengan baik sejak awal dapat menjadi factor penghambat bagi keberlangsungan proses belajar di perguruan tinggi. Di samping itu adanya perbedaan potesi serta prestasi dapat juga menciptakan kesenjangan antar mahasiswa, sehingga perlu difasilitasi dengan kegiatan yang dapat mensinergikan antara peluang yang telah diciptakan oleh universitas dengan potensi mahasiswa.
Ya, itulah profil dari Universitas Muhammadiyah Malang, kampus putihku, kampus kebanggaanku.  Sekarang, apakah kalian tertarik untuk bergabung dengan Universitas Muhammadiyah Malang? Hihihi. Mungkin cukup sekian dulu ya perkenalan tentang Universitas Muhammadiyah Malang, semoga bermanfaat bagi kita semua, kawan! Nuuuuuun, walqolami wama yasturuuun. Salam hangat sentosa dari aku. Bye!

Mengutip dari:
 Widagdo Bambang, dkk. 2014. Panduan Akademik 2014/2015. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
UPT. P2KK. 2014. Materi Keislaman dan Ibadah. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar